Home » , , , , , , » Pengertian Kesehatan Secara Umum

Pengertian Kesehatan Secara Umum

Pengertian Kesehatan Menurut WHO

Pengertian Kesehatan menurut wikipedia adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan Pengertian Kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948  menyebutkan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”

Pada tahun 1986, WHO, dalam Piagam Ottawa untuk Promosi Kesehatan, mengatakan bahwa pengertian kesehatan adalah “sumber daya bagi kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup Kesehatan adalah konsep positif menekankan sumber daya sosial dan pribadi, serta kemampuan fisik.

Pengertian Kesehatan Secara Umum


Pengertian Kesehatan Menurut Undang-Undang

Dalam Undang-Undang ini yang pengertian kesehatan adalah:

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat.

Tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.
Sarana kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.
Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berguna.

Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.

Pendidikan kesehatan adalah proses membantu sesorang, dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain.

Definisi yang bahkan lebih sederhana diajukan oleh Larry Green dan para koleganya yang menulis bahwa pendidikan kesehatan adalah kombinasi pengalaman belajar yang dirancang untuk mempermudahadaptasi sukarela terhadap perilaku yang kondusif bagi kesehatan.

Data terakhir menunjukkan bahwa saat ini lebih dari 80 persen rakyat Indonesia tidak mampu mendapatjaminan kesehatan dari lembaga atau perusahaan di bidang pemeliharaan kesehatan, seperti Akses, Taspen, dan Jamsostek.

Golongan masyarakat yang dianggap ‘teranaktirikan’ dalam hal jaminan kesehatan adalah mereka dari golongan masyarakat kecil dan pedagang. Dalam pelayanan kesehatan, masalah ini menjadi lebih pelik, berhubung dalam manajemen pelayanan kesehatan tidak saja terkait beberapa kelompok manusia, tetapi juga sifat yang khusus dari pelayanan kesehatan itu sendiri

Aspek-Aspek Kesehatan

Pada dasarnya kesehatan itu meliputi empat aspek, antara lain :
Kesehatan fisik terwujud apabila sesorang tidak merasa dan mengeluh sakit atau tidak adanya keluhan dan memang secara objektif tidak tampak sakit. Semua organ tubuh berfungsi normal atau tidak mengalami gangguan.

Penulis : Rahasia

Terimakasih telah membuka site ini semoga bermamfaat bagi kita semua dan kami mohon apabila ada yang keliru mohon dibenarkan dengan berkomentar. Terimakasih.

Lebih Dekat: Facebook Aku | Twitter Aku | Google Plus Aku :: Thank you ::

35 komentar:

  1. makasih mas atas pengertiannya
    salam kami uripesehat.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Makasih artikelnya bermanfaat .
    Kesehatan memang harus dijaga ya...

    you-sehat

    BalasHapus
  3. Artikelnya Menarik
    http://www.needhealth.ga

    BalasHapus
  4. Anda Dokter dan ingin memiliki website pribadi? Tapi bingung harus buat website dimana? Silakan Hubungi Fernandes 083834375641 / 75286D3B / cvelecomp.com . Contoh website dokter yang sudah pernah saya buat adalah dokterkulitdhelya.com . Di dalamnya terdapat artikel kesehatan, galeri foto, tanya jawab seputar kesehatan, profil Dr.dr Dhelya W SpKK dan lain-lain. Contoh website lainnya : website radio kencana kencanafm.com , toko online biofoodmasterstokis.com , wisataindonesiaraya.com dan lain-lain.

    BalasHapus
  5. infonya menarik...thanks
    http://anakkampung222.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  6. artikelnya bagus dan membantu,jangan lupa klik http://anakkampung222.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  7. There was no function on FB to price any sort of area at any type of provided time until the application of this new Facebook 5 star ranking. buy facebook 5 star rating

    BalasHapus
  8. jika anda ingin membeli obat kuat vig power, Obat Tahan Lama Vig Power Harga murah ada BPOM, aman, Herbal, tanpa efek samping.
    hubungi kami agen Green World Telp/Sms/Whatsapp:0823 1106 0091 - BBM: 27B9A33B

    BalasHapus
  9. If you are being assured round-the-clock Customer Support and lifetime replacement then don’t rethink at the time you Buy facebook reviews from a service provider. buy facebook review

    BalasHapus
  10. Keep your alternatives open while buying such solutions as there are so numerous company that promises great deal however fails to provide the desirable outcomes. buy targeted usa facebook likes

    BalasHapus
  11. Life-time Replacement is something which you barely find, as you Buy facebook reviews. Only a few excellent suppliers are offering this. buy facebook reviews ratings

    BalasHapus
  12. Life-time Replacement is an element that you scarcely find, when you Buy facebook reviews. Exclusively a few decent suppliers offer this.buy facebook 5 star reviews

    BalasHapus
  13. Thanks for sharing this wonderful article with us.
    lioa 10kva | lioa 10kva | standa 10kva | standa 10kva
    lioa 15kva | lioa 15kva | standa 15kva | standa 15kva
    lioa 20kva | lioa 15kva | standa 20kva | standa 20kva
    standa 10kva | standa 10kva lioa | standa | standa | lioa 10kva | lioa 10kva | standa 10kva | standa 10kva

    BalasHapus
  14. You could promote your business by adding as several facebook likes as you can, as people constantly seek brand names and also products that have bunch of likes on facebook. buy geo targeted facebook likes

    BalasHapus