Home » , , » Masalah Kesehatan Remaja 2013

Masalah Kesehatan Remaja 2013

Pada umunya remaja merupakan fase siklus perubahan baik secara fisik maupun mental, dalam proses pertumbuhan menjadi dewasa. Dalam fase ini remaja sudah meninggalkan dunia anak-anak akan tetapi belum bisa disebut dewasa. Pada masa ini terjadi pertumbuhan yang cepat, munculnya ciri-ciri kelamin sekunder, seperti tumbuhnya bulu-bulu disekitar kelamin, ketiak, pada cowok tumbuh kumis, cambang, jenggot dan bulu dada, suara yang membesar, pada wanita buah dada dan pinggul yang membesar. Perkembangan organ-organ seksual terjadi untuk persiapan menghasilkan keturunan. Pada masa ini juga terjadi perubahan psikis atau mental emosional.
Masalah Kesehatan Remaja 2013
Remaja
Beberapa fakta tentang remaja sebagai berikut :
  • Lebih dari 1,8 juta orang berusia 15 sampai 24 meninggal setiap tahun oleh penyebab yang sebenarnya bisa dicegah.
  • Sekitar 16 juta anak perempuan berusia 15 sampai 19 melahirkan setiap tahun.
  • Orang muda, 15 hingga 24 tahun, menyumbang 40% dari semua infeksi HIV baru di kalangan orang dewasa di tahun 2008.
  • Setiap tahun, sekitar 20% dari remaja akan mengalami masalah kesehatan mental, yang paling sering depresi atau kecemasan.
  • Sekitar 150 juta orang muda pengguna tembakau.
  • Sekitar 565 orang muda berusia 10-29 mati setiap hari melalui kekerasan interpersonal.
  • Kecelakaan lalu lintas  diperkirakan menyebabkan 1 000 orang muda mati setiap hari.
Dan begitu pula pada masa remaja kerap masalah kesehatan harus diperhatikan beberapa masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh remaja diantaranya :

Jerawat dan Penyakit Kulit lainnya

Jerawat atau yang dalam istilah medisnya disebut acne vulgaris, adalah kelainan kulit yang ditandai peradangan kronis pada kelenjar minyak, ditandai dengan munculnya komedo, benjolan kecil dengan ukuran bervariasi serta kadang-kadang disertai pembentukan parut. Remaja juga sering menderita penyakit kulit lainnya seperti scabies, jamuran, eksim/dermatitis dan penyakit kulit ini sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari.

Kelaainan Mata

Pada remaja sering dijumpai kelainan penglihatan berupa rabun jauh, rabun dekat ataupun astigmatisma. Kelainan-kelainan ini disebabkan oleh berkurangnya kemampuan mata untuk berakomodasi, dan juga dirasakaan ketika umur 20-an.

Penyakit Seksual HIV- AIDS

Penyakit ini bukan rahasia lagi dikalangan remaja karena beberapa survey telah membuktikan Saat ini, hanya 30% laki-laki muda dan 19% wanita muda memiliki pengetahuan yang komprehensif dan benar mereka butuhkan untuk melindungi diri dari tertular virus.

Hamil diluar Nikah

Peristiwa ini sudah bnayak terjadi hampir diseluruh bagian indonesia, Hasil penelitian BKKBN (mengindikasikan sebanyak 20,9% remaja mengalami kehamilan dan kelahiran sebelum menikah, sedangkan 38,7% remaja mengalami kehamilan sebelum menikah dan kelahiran setelah menikah.

Merokok

Merokok adalah bagian dari kehidupan remaja yang baanyak mengandung sistemik baik pro maupun kontra namun secara sadar bahaya rokok telah diketahui oleh setiap orang yang merokok.

Semoga Bermanfaat!!!

Penulis : Rahasia

Terimakasih telah membuka site ini semoga bermamfaat bagi kita semua dan kami mohon apabila ada yang keliru mohon dibenarkan dengan berkomentar. Terimakasih.

Lebih Dekat: Facebook Aku | Twitter Aku | Google Plus Aku :: Thank you ::

5 komentar:

  1. Fakta diatas membuat saya merinding sebagai remaja .

    Info Kesehatan Unik

    BalasHapus
  2. keren sekali


    mampir kesini gan
    http://470115081.blogspot.co.id/2015/12/porsinutrisi-yang-tepat-www.html

    BalasHapus
  3. If you are being promised round-the-clock Support and lifetime replacement then don’t think twice at the time you Buy facebook reviews from a vendor. facebook reviews

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas infonya silahkan mengunjungi
    https://ppns.ac.id/

    BalasHapus