Home » , , » Olah Raga Bagi Ibu Hamil

Olah Raga Bagi Ibu Hamil

Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan yang menginginkan seorang anak, Maka dari itu ibu hamil harus memerlukan perlakuan yang khusus karena fisiknya lebih lemah dibanding dengan fisik orang lain yang tidak sedang dalam masa kehamilan.
Olah Raga Bagi Ibu Hamil
Hamil
Oleh karena itu dalam menentukan olahraga pun harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang ahli dibidang kandungan atau dokter spesialis kandungan. Meskipun harus berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum berolahraga, tetapi ada beberapa olahraga yang cocok dan aman bagi ibu hamil yang dapat digambarkan sebagai berikut :
  • Berjalan Kaki
Aktifitas jalan kaki yang dilakukan ibu hamil mulai dari awal kehamilan sampai menjelang persalinan, berjalan kaki rutin setiap hari dapat membuat badan sehat, bugar dan meneangkan. Karena setelah berolahraga tubuh akan relaks sehingga ibu hamil akan bersemangat dan percaya diri.
  • Berenang
Boleh dikatakan bahwa berenang merupakan olahraga yang paling aman bagi ibu hamil. berenang membuat tubuh kencang, tanpa membebani dan menekan persendian. Saat berenang jantung berdetak lebih cepat. jangan menyelam karena bisa terjadi perubahan tekanan. selain itu melenturkan otot, berenang juga baik untuk melatih pernafasan agar tidak mudah lelah dan akan lebih mensukseskan proses persalinan.
  •  Senam Hamil
 Gerakan ini merupakan gerakan relaksasi. Diharapkan stress menjalani kehamilan dan menghadapi persalinan akan berkurang karena senam kehamilan mengajarkan cara pernafasan dan cara mengejan yang benar. Senam sebelum melahirkan juga mengoptimalkan mengoptimalkan fisik ibu serta memelihara dan menghilangkan keluhan-keluhan yang terjadi akibat proses kehamilan.
  • Sepeda Statis
Bersepeda mampu menopang berat badan sehingga tekanan tubuh lebih sedikit. Untuk mengurangi resiko terjatuh, gunakan sepeda statis. Mulailah bersepeda dengan perlahan  jangan terlalu bersemangat. Ini sangat bermamfaat untuk melatih otot panggul, pinggul dan punggung. Sebaiknya sebelum berolahraga sang ibu makan terlebih dahulu 15 menit atau 30 menit sebelum pernafasan.
  • Yoga
Yoga sangat cocok bagi ibu hamil karena dipercaya mampu mengurangi strees dan tekanan pada tubuh, secara detail, mamfaat yoga bagi ibu hamil ibu hamil sebagai berikut :
  1. Kondisi mental ibu hamil rileks dan tetap nyaman.
  2. Memulihkan dan mereduksi keluhan-keluhan fisik, seperti perasaan tidak nyaman, pegal, tegang,di seluruh badan karena kurang istrahat mual sesak nafas dan sebagaainya.
  3. Proses persalinan dapat lebih mudah dan nyaman dengan adanya latihan relaksasi dan latihan pernafasan.
 Namun digaris bawahi bahwa yoga ini tidak harus dilaksanakan dengan melenturkan badan ala gadis plastik ataupun tetua-tetua ahli yoga.

Semoga Bermanfaat!!!

Penulis : Rahasia

Terimakasih telah membuka site ini semoga bermamfaat bagi kita semua dan kami mohon apabila ada yang keliru mohon dibenarkan dengan berkomentar. Terimakasih.

Lebih Dekat: Facebook Aku | Twitter Aku | Google Plus Aku :: Thank you ::

5 komentar: