Home » , , , , » Perkembangan Pola Pangan di Indonesia

Perkembangan Pola Pangan di Indonesia

Jenis bahan makanan pokok yang ditanam disuatu daerah banyak bergantung dari iklim dan keadaan tanah, sehingga didapat pola bahan makanan pokok sebagai berikut:

  • Pola beras (konsumsi karbohidrat berasal dari beras > 90% total kalori karbohidrat.
  • Pola beras- jagung serta beras-jagung dan umbi-umbian (pola beras-jagung: konsumsi beras terbesar, jagung > 10% dan tanaman lain < 5%; pola beras-jagung dan umbi-umbian: konsumsi beras terbesar , jagung > 10% dan umbi-umbian > 5%).
  • Pola beras-umbi-umbian (konsumsi beras terbesar, umbi-umbian = 10%, lainnya < 5%).
  • Pola beras-umbi-umbian-jagung (konsumsi beras terbesar , umbi-umbian = 10% dan jagung = 5%).

      Dari data diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan beras sebagai bahan makanan pokok. Dilihat dari nilai gizinya, padi-padian (beras dan jagung) lebih baik daripada umbi-umbian. Disamping nilai energi, padi-padian relatif lebih banyak mengandung protein daripada umbi-umbian.

Perkembangan Pola Pangan di Indonesia
Gambar Grafik

Dalam pencapaian pola makan nasioanl kita berharap bahwa segala yang telah direncanakan dapat teraplikasi dengan baik guna menunjang kebutuhan dari kecukupan bahan pangan yang tentunya dapat dicapai dengan kerja sama antara pihak-pihak yang telah bertanggung jawab atas pekerjaan ini.

Penulis : Rahasia

Terimakasih telah membuka site ini semoga bermamfaat bagi kita semua dan kami mohon apabila ada yang keliru mohon dibenarkan dengan berkomentar. Terimakasih.

Lebih Dekat: Facebook Aku | Twitter Aku | Google Plus Aku :: Thank you ::

0 komentar:

Posting Komentar