Home » , , » Tujuan Makan Bagi Tubuh

Tujuan Makan Bagi Tubuh

Manusia adalah mahluk yang membutuhkan energi untuk kelangsungan hidupnya, makanya ia harus memperoleh energi itu baik untuk kebutuhan jasmaninya ataupun kebutuhan rohaninya. Untuk mendapatkan energi itu salah satu caranya ialah manusia harus makan, oleh sebab itu kita akan membahas tujuan dari makan, Apa sih tujuan makan itu?

Tujuan Makan Bagi Tubuh
Untuk kelangsungan hidupnya, manusia membutuhkan  makanan, terutama makanan dengan gizi yang seimbang. Zat-zat gizi yang utama yang terkandung pada makanan adalah protein, karbohidrat, asam lemak, esensial, vitamin, mineral dan air.

Karbohidrat

Karbohidrat dianjurkan 60% dari total kalori dalam sehari. Diperoleh darui nasi, jagung, gandum, tepung terigu, sagu, roti, bihun, kentang, pasta,.ubi dan singkong.

Lemak

Lemak dianjurkan tak lebih dari 25% darui total kalori yang meliputi lemak hewani dan nabati, misalnya minyak goreng, mentega, alpukat, kelapa, dan sebagainya.
Protein

Protein dibutuhkan berkisar antara 20 - 50 % dari total kalori yang diperoleh dari kacang kedelai, kacang tanah, ikan laut, dan tawar, daging ayam tanpa kulit, sapi, atau kerbau.

Mineral

Mineral dapat diperoleh dari buah-buahan yang banyak mengandung air dan serat sebanyak 10 %.

Vitamin

Vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna lebih kurang 10 % untuk tubuh.

Air

Air dibutuhkan hingga 50 % dari konsumsi tubuh. Air dapat diperoleh dari buah-buahan atau masakan berkuah selain air putih sebanyak 1,5 - 2 liter.


Kebanyakan manusia mengikuti selera lidahnya, bukan selera tubuhnya. Mereka tidak menyadari asanya pepatah " kalu kita sayang tubuh jangan manjakan lidah" walau banyak diantara kita makan asal enak namun perlu kita tahu bahwa tujuan makan adalah :
  • Menjaga keseimbangan asam basa darah.
  • memberi asupan nutrisi yang lengkap dengan gizi seimbang.
Semoga Bermamfaat!!!

Penulis : Rahasia

Terimakasih telah membuka site ini semoga bermamfaat bagi kita semua dan kami mohon apabila ada yang keliru mohon dibenarkan dengan berkomentar. Terimakasih.

Lebih Dekat: Facebook Aku | Twitter Aku | Google Plus Aku :: Thank you ::

0 komentar:

Poskan Komentar