Home » , , » GINJAL SUMBER KEHIDUPAN MANUSIA

GINJAL SUMBER KEHIDUPAN MANUSIA

Ginjal merupakan bagian dari tubuh kita yang bentuknya kecil menyerupai kacang dengan ukuran yaitu masing-masing panjang 10-12 sentimeter, lebar 5-7 sentimeter dan tebal 3-4 sentimeter dengan berta sekitar 140 gram.

"Satu Buah Ginjal Memiliki 1.300.000 Satuan Alat Penyaring yang Disebut Nefron"

Walaupun berukuran kecil dibandingkan ukuran-ukuran bagian tubuh yang lainnya, ginjal memiliki fungsi yang luar biasa pentingnya sebagai alat penyaring darah. setiap ginjal memiliki lebih kurang 1.300.000 satuan alat penyaring mini yang disebut Nefron . Jadi, dua buah ginjal memiliki 2.600.000 satuan alat penyaring.

GINJAL SUMBER KEHIDUPAN MANUSIA
Ginjal
Pada kepala nefron terdapat saringan yang sangat halus sehingga hanya unsur-unsur tertentu saja yang bisa melaluinya. Unsur-unsur seperti sel darah dan protein darah yang ukurannya agak besar, tidak akan bisa melewati saringan ini. Hal dimaksudkan agar zat-zat yang dibutuhkan tubuh tidak akan terbuang sia-sia bersama air kencing sehingga keseimbangan sistem tubuh tetap terjaga dengan baik.

Namun tetap kita harus berhati-hati dengan gangguan yang biasanya bisa saja terjadi pada ginjal kita seperti gagal ginjal Sebagaimana kita tahu bahwa Gagal ginjal itu  proses kerusakan pada ginjal dengan rentang waktu lebih dari 3 bulan. CKD dapat menimbulkan simtoma berupa laju filtrasi glomerular di bawah 60 mL/men/1.73 m2, atau di atas nilai tersebut namun disertai dengan kelainan sedimen urin. Adanya batu ginjal juga dapat menjadi indikasi CKD pada penderita kelainan bawaan seperti hiperoksaluria dan sistinuria.

Semoga kita bisa menjaga kesehatan kita utamanya pada bagian tubuh kita yang kecil ini namun dialah sumber kehidupan Manusia.

Semoga Bermamfaat!!!

Penulis : Rahasia

Terimakasih telah membuka site ini semoga bermamfaat bagi kita semua dan kami mohon apabila ada yang keliru mohon dibenarkan dengan berkomentar. Terimakasih.

Lebih Dekat: Facebook Aku | Twitter Aku | Google Plus Aku :: Thank you ::

0 komentar:

Posting Komentar