Home » , , » Antara Mamfaat dan Bahaya Garam

Antara Mamfaat dan Bahaya Garam

Garam merupakan bagian pelengkap makanan yang selalu kita temui di dapur kita, dalam wiki pedia pengertian garam adalah senyawa netral dengan pH sekitar 7 yang terdiri atas ion-ion. Sejarah garam sendiri dikenal sejak zaman dahulu, garam pernah menjadi ukuran dari kesejahteraan suatu negara, jika rakyat tidak mampu lagi menikmati makanan bergaram pertanda negaranya sudah sangat miskin.
Antara Mamfaat dan Bahaya Garam
Garam
Persahabatan dan peramahtamaan pun pernah disimbolkan dengan penyuguhan garam atau makanan asin. bahkan saat ini masih ada negara yang masih menjalankan tradisi menyajikan roti untuk tamu dengan garam, bangsa romawi memamfaatkan garam untuk mengawetkan ikan, keju sdan daging.

Mamfaat Garam
  • Didalam garam terdapat kelenjar tiroid berperan penting dalam pengaturan metabolisme tubuh.
  • Garam dapat membantu pertumbuhan rambut karena didalamnya terkandung yodiun yang berfungsi sebagai pencegah rambut rontok, karena kekurangan yodium dapat menimbulkan rambut rontok.
  • Membantu menghindarkan penyakit gondok, gangguan pendengaran, tubuh cebol, dan semangat rendah.
  • Memaksimalkan metabolisme tubuh dalam memanfaatkan kalsium.
  • Dapat mengurangi bau mulut dan mencegah sakit gig.
  • Menghilangkan pegal di kaki, Merendam kaki dalam campuran air hangat dan garam dapat mengenyahkan kaki pegal. Lakukan bergantian dengan rendaman air dingin. Kaki Anda akan pulih seperti sedia kala.
Bahaya Garam

kapankah  garam itu dianggap berbahaya? ketika kita terlalu over dalam mengkonsumsi garam, karena setiap orang hanya memerlukan sekitar 2 gram atau 1,5 sendok teh garam setiap hari. saat ini konsumsi garam sesorang di dunia rata-rata 5  - 6 gram perhari, bahkan lebih. kelebihan konsumsi garam inilah yang memicu gangguan kesehatan manusia saat ini.

Konsumsi garam berlebihan akan berakibat fatal. Natrium bekerja menahan air di dalam tubuh sehingga volume darah yang beredar akan meningkat. Meningkatnya volume darah akan meningkatkan tekanan darah pada dinding pembuluh darah. Inilah yang disebut  hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Garam bersifat higroskopis mudah sekali menyerap air. Jika konsentrasi garam berlebihan, konsentrasi garam berlebihan , konsentrasi garam dalam cairanpun akan meningkat. garam akan menarik keluar banyak cairan yang tersimpan dalam sel sehingga memenuhi ruang diluar sel. Akibatnya, tubuh atau bagian tubuh tertentu akan terlihat bengkak, seperti pembengkakan kaki pada ibu hamil.

Oleh karena itu mari kita menkonsumsi garam sewajarnya saja sehingga akan menjaga kesehatan kita baik hari ini  maupun dalam jangka panjang.

Semoga Bermanfaat!!!

    Penulis : Rahasia

    Terimakasih telah membuka site ini semoga bermamfaat bagi kita semua dan kami mohon apabila ada yang keliru mohon dibenarkan dengan berkomentar. Terimakasih.

    Lebih Dekat: Facebook Aku | Twitter Aku | Google Plus Aku :: Thank you ::

    10 komentar:

    1. Terimakasih sekali atas informasinya.
      saya ingin berbagi info juga bahwa ternyata ada trik agar dapat mengurangi konsumsi garam. Diantara caranya adalah bila suka dengan masakan gorengan, maka makanlah makanan gorengan tersebut selagi panas. sehingga rasa hambar tanpa garamnya tidak terlalu kentara. Dari sumber http://goo.gl/B4nnj6 yang saya kutip tersebut, juga menyebutkan bahwa memilih makanan yang segar juga menjadi trik lain agar dapat menikmati makanan yang kurang garamnya.

      BalasHapus
    2. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

      http://obatgondok.toko-gumilar.com/bahaya-penyakit-gondok-bagi-ibu-hamil/

      BalasHapus