Home » » Dokter Wahidin Sudirohusodo

Dokter Wahidin Sudirohusodo

Salah satu pahalawan kemerdekaan Indonesia sekaligus seorang dokter yang pernah belajar disekolah Dokter jawa, siapa lagi kalu bukan Dokter Wahidin Sudirohusodo,  beliau lahir di Mlati, Sleman, Yogyakarta, 7 Januari 1852 – meninggal di Yogyakarta, 26 Mei 1917 pada umur 65 tahun.

Saat ini nama beliu sudah dijadikan nama jalan. rumah sakit, dan lain sebagainya berkat perjuangan dan kegigihannya melawan kaum penjajah sehingga indonesia bisa merdeka seperti saan ini.
Dokter Wahidin Sudirohusodo
Wahidin Sudirohusodo
Dokter Wahidin Sudirohusodo dan kesehatan, beliau secara bidang menekuni ilmu kedokteran. Dokter lulusan STOVIA ini sangat senang bergaul dengan rakyat biasa, sehingga tak heran bila ia mengetahui banyak penderitaan rakyat. Ia juga sangat menyadari bagaimana terbelakang dan tertindasnya rakyat akibat penjajahan Belanda. Menurutnya, salah satu cara untuk membebaskan diri dari penjajahan, rakyat harus cerdas. Untuk itu, rakyat harus diberi kesempatan mengikuti pendidikan di sekolah-sekolah. Sebagai dokter, ia sering mengobati rakyat tanpa memungut bayaran.

Dua pokok yang menjadi perjuangannya ialah memperluas pendidikan dan pengajaran dan memupuk kesadaran kebangsaan. Semoga kita semua bisa melanjutkan perjuagan beliau untuk indonesia yang lebih baik.

Penulis : Rahasia

Terimakasih telah membuka site ini semoga bermamfaat bagi kita semua dan kami mohon apabila ada yang keliru mohon dibenarkan dengan berkomentar. Terimakasih.

Lebih Dekat: Facebook Aku | Twitter Aku | Google Plus Aku :: Thank you ::

0 komentar:

Posting Komentar